CONTACT

Senin, 24 Januari 2011

Wako Jadi Irup Peringatan Hari Dharma Samudera

DUMAI (17/01/2011) Walikota Dumai, H. Khairul Anwar menjadi Inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Dharma Samudera di atas geladak KRI Kaltedung milik TNI AL Dumai, dengan melakukan pelarungan bunga dan tabur bunga ke laut sambil berlayar di Alur Pelayaran Timur Perairan Dumai, Senin (17/1).  
Komandan AL Dumai, Kolonel (P) Gig JM Sipasulta kepada wartawan mengatakan  upacara peringatan Hari Dharma Samudera, yang dilaksanakan secara rutin oleh TNI Angkatan Laut setiap bulan Januari itu, dimaksudkan untuk mengenang dan memperingati para Pahlawan Bahari, yang gugur dalam pertempuran-pertempuran di laut, seperti pertempuran Selat Bali, pertempuran Laut Sapudi, pertempuran Laut Cirebon, Pertempuran Teluk Sibolga, dan pertempuran Laut Aru. Katanya 
”Tanggal 15 Januari ditetapkan sebagai Hari Dharma Samudera diambil dari peristiwa pertempuran Laut Aru pada tahun 1962, yang merupakan puncak dari perjuangan dan patriotisme putra-putra bahari terbaik dalam mempertahankan negara di laut. Dalam pertempuran ini gugur Pahlawan Komodor Yos Soedarso.” Jelasnya  
Makna yang perlu diambil dalam peringatan Hari Dharma Samudera, kata Kolonel (P) Gig JM Sipasulta, untuk generasi muda adalah mewarisi dan meneladani jiwa patriotisme para Pahlawan kita, di mana dengan penuh semangat hiroisme berjuang demi negara dan bangsa. 
Sebelum melaksanakan upacara ini, Walikota Dumai, H. Khairul Anwar dan Wakil Walikota Dumai, H. Agus Widayat beserta undangan lainnya dari unsur Muspida kota Dumai, dibawa oleh Dan Lanal Kolonel (P) Gig JM Sipasulta untuk tour melihat isi KRI Kaltedung milik TNI AL ini. Usai melaksanakan upacara peringatan hari Dharma Samudera di atas geladak KRI Kaltedung milik TNI AL Dumai, sambil berlayar di Alur Pelayaran Timur Perairan Dumai acara ditutup dengan foto bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar