CONTACT

Senin, 03 Januari 2011

Siaran Pers No. 1/PIH/KOMINFO/1/2011 tentang Kualitas Layanan Telekomunikasi Di Saat Pergantian Tahun Baru 2011


Sebagaimana sudah disebutkan pada Siaran Pers No. 142/PIH/KOMINFO/12/2010tertanggal 26 Desember 2010, Kementerian Kominfo mengharapkan agar para penyelenggara telekomunikasi melakukan antisipasi khusus terhadap kemungkinan terjadinya lonjakan trafik telekomunikasi di saat tanggal 31 Desember 2010 dalam pergantian tahun 2010 ke tahun 2011. Harapan dan peringatan dari Kementerian Kominfo tersebut didasarkan pada suatu kondisi, bahwa kondisi layanan telekomunikasi pada saat suasana perayaan Natal 2010 sejauh monitoring dan evaluasi Kementerian Kominfo ternyata cukup baik kualitas layanannya, sehingga tugas dan tanggung-jawab berikutnya adalah terhadap kewajiban untuk tetap menyediakan kualitas layanan telekomunikasi yang cukup baik pula di saat sekitar pergantian tahun baru 2011.
Harapan Kementerian Kominfo tersebut ternyata direspon secara positif oleh para penyelenggara telekomunikasi, sebagaimana di antaranya dilakukan oleh PT Telkom, yang secara khusus melakukan kesiapan untuk layanan TelkomFlexi, yaitu berupa: p eningkatan kualitas sinyal di lokasi wisata dan pusat-pusat kunjungan melalui penambahan repeater dan mobile BTS; penyediaan kapasitas SMS yang mampu melayani 14,8 juta SMS per jam; dan peningkatan bandwidth internet 3,2 Gbps untuk melayani penggunan layanan data FlexiNet yang terus meningkat. Demikian pula dengan PT Telkomsel yang juga telah menyiapkan seluruh elemen jaringan (ketersediaan jangkauan layanan, BTS, MSC, BSC, kapasitas inteligent network, kapasitas SMSC, kapasitas layanan BlackBerry, dan jaringan 3G/HSDPA/HSPA+).
Berdasarkan laporan dari penyelenggara telekomunikasi dan di-cross dengan hasil monitoring Kementerian Kominfo, maka data trafik telekomunikasi yang dilaporkan oleh PT Indosat adalah sebagai berikut:
  1. SMS mencapai 714 juta SMS (naik 165% dibanding saat pergantian tahun baru sebelumnya). Kenaikan trafik tertinggi di wilayah Jawa Timur dan Sulawesi, Maluku dan Papua.
  2. Pengiriman data mencapai 18,73 terrabyte.
  3. Layanan suara mencapai 355 juta minutes production (naik 123% dibandingkan pergantian tahun baru sebelumnya). Trafik layanan suara tertinggi terjadi di Sumatera Bagian Selatan, Jawa Timur, dan Jabodetabek.
Adapun data yang dilaporkan oleh PT XL Axiata adalah sebagai berikut:
  1. Pada kondisi normal trafik layanan suara rata-rata sebanyak 600 juta menit, sedangkan pada pergantian tahun baru mengalami peningkatan sebesar 3%. Untuk SMS trafiknya 650 juta SMS (namun di pergantian tahun naik sebanyak 16%) dan komunikasi data sebanyak 17 terabytes (namun di pergantian tahun baru naik sebanyak 4%).
  2. Akibat kenaikan trafik tersebut, maka data trafiknya adalah sebagai berikut: untuk layanan suara karena naik 3% berarti menjadi 617 juta menit, layanan SMS karena naik 16% berarti menjadi 755 juta SMS, dan layanan komunikasi data/GPRS karena naik 4% berarti menjadi 17,6 terabytes.
Berikutnya data yang dilaporkan oleh PT Telkomsel adalah sebagai berikut:
  1. Layanan suara, trafik naik sebesar 10% dibandingkan hari biasa di tahun 2010.
  2. Layanan SMS via telefon seluler mengalami kenaikan sebesar 24,45% dibandingkan hari-hari biasa di tahun 2010. Sedangkan trafik SMS yg diakses melalui mobile device mengalami ke naikan sebesar 19,96%. Layanan MMS meningkat sebesar 72,52% dibandingkan hari-hari biasa, dan kenaikan ini khususnya akibat pengiriman ucapan selamat tahun baru dengan image atau foto.
  3. Layanan komunikasi data yang diakses melalui Telkomflash mengalami penurunan sebesar 23,46%. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan lebih banyak mengakses data melalui handphone atau mobil device, karena selama masa liburan tahun baru banyak pelanggan yang bepergian, sehingga lebih praktis mengakses data via telefon selulernya.
  4. Sedangkan layanan Blackberry mengalami penurunan trafik sebesar 8,28%. Demikian juga halnya dengan link internet, trafiknya menurun 27 ,89%.
Berdasarkan kesiapan penyelenggara telekomunikasi (secara random direpresentasikan oleh PT Telkom dan PT Telkomsel) dan data faktual trafik telekomunikasi (secara random juga direpresentasikan oleh PT Indosat, PT XL Axiata dan PT Telkomsel), maka Kementerian Kominfo menyampaikan ucapan terima kasih dan sekaligus sikap apresiasi terhadap upaya maksimal yang telah dilakukan oleh para penyelenggara telekomunikasi sehingga layanan telekomunikasi di saat pergantian tahun 2010 ke tahun baru 2011 berlangsung secara cukup baik. Namun demikian ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan untuk menjadi upaya perbaikan di masa mendatang:
  1. Untuk layanan suara, successful call ratio yang seharusnya dicapai oleh hampir seluruh penyelenggara telekomunikasi masih belum sepenuhnya memuaskan, karena ada kecenderungan setiap penggula layanan masih harus men- dial minimal sekali untuk dapat terhubung dengan tujuan yang ingin dihubungi. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan terus-menerus.
  2. Untuk layanan SMS, tingkat keberhasilan pengiriman sudah cukup baik dan merata di hampir seluruh penyelenggara telekomunikasi.
  3. Untuk layanan komunikasi data (internet). Meskipun tidak sampai menimbulkan kondisi gangguan layanan, namun mulai pada sekitar 2 jam menjelang tengah malam pergantian tahun baru hingga 2 jam berikutnya, kecepatan untuk mengakses layanan internet sedikit terkendala, karena kecepatannya agak berkurang dan cukup banyak dikeluhkan oleh sejumlah pengguna layanan ke Kementerian Kominfo.
Atas dasar kondisi kualitas layanan telekomunikasi di saat pergantian tahun baru 2011 dan kondisi di sepanjang tahun 2010, Kementerian Kominfo tetap mengharapkan dan mengingatkan agar standar kualitas layanan telekomunikasi dapat lebih diperbaiki. Hal ini ditekankan dalam konteks turunnya biaya interkoneksi sebagaimana disebutkan pada Siaran Pers No. 145/PIH/KOMINFO/12/2010, maka tarif telekomunikasi akan kembali cenderung menurun meskipun tidak sebesar seperti di awal April 2008, sehingga persaingan antar penyelenggara telekomunikasi akan semakin ketat. Dalam kondisi tersebut Kementerian Kominfo dan BRTI tetap berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pengawasan terhadap kondisi standar kualitas layanan telekomunikasi sesuai ketentuan yang berlaku.
—–
Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo (Gatot S. Dewa Broto, HP: 0811898504, Email:gatot_b@postel.go.id , Tel/Fax: 021.3504024).
Sumber ilustrasi: http://www.google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar