CONTACT

Rabu, 12 Januari 2011

PAUD Menentukan Perkembangan Anak

PENDIDIKAN Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan awal sebelum ketahap jenjang pendidikan dasar, PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut
PAUD juga merupakan pendidikan yang sangat menentukan bagi perkembangan anak dikemudian hari. Secara naluri keluarga (terutama orang tua) merupakan pendidik yang pertama dan utama ketika anak dilahirkan. Oleh karena itu Pemerintah sangat mendukung siapapun yang ingin berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini serta memberikan apresiasi bagi para orang tua yang mengirimkan putra-putrinya ke lembaga pendidikan usia dini sesuai yang dikehendaki.
Dalam UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, pasal 28 dinyatakan bahwa Pendidikan anak usia dini tidak hanya dibatasi pada pendidikan jalur formal seperti Taman Kanak-Kanak atau sederajat, akan tetapi juga terbuka bagi jalur pendidikan non-formal seperti Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain atau bentuk lain yang sederajat, serta di jalur informal yang menitikberatkan pendidikan didalam lingkungan keluarga.
Pada saat ini lembaga PAUD formal dan non-formal mendapat perhatian penuh dari pemerintah, swasta, dan juga masyarakat, sehingga diharapkan lembaga PAUD ini dapat berkembang pesat. Namun demikian, hal ini belum sebanding dengan mutu para pendidik. Seharusnya seorang pendidik PAUD harus memiliki jenjang pendidikan S1 PAUD dan memiliki empat kompetensi yakni Kepribadian, Profesional, Paedagogik dan Sosial.
Mengingat pentingnya pendidikan usia dini, maka Pemerintah Kota Dumai berupaya untuk mengarahkan masyarakat dan pengusaha agar ikut serta berperan aktif membantu pemerintah dalam rangka mewujudkan anak Indonesia yang cerdas, khususnya anak – anak kita yang ada di Kota Dumai. Selain itu juga agar masyarakat memahami apa dan bagaimana proses penyelenggaraan pendidikan usia dini yang benar, termasuk jalur non-formal, Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain dan yang lain.
Saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam program pendidikan usia dini guna mewujudkan anak – anak yang cerdas khususnya di Kota Dumai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar